Polres Paser Amankan Pria Membawa Sajam Dan Sita Ratusan Botol Miras

ANA PASER,pwipaser.com – Operasi penyakit masyarakat (pekat) Mahakam kembali digencarkan oleh jajaran kepolisian, selain mengamankan seorang pria yang kedapatan membawa sajam jenis badik, Polisi juga menggaruk penjual miras yang tidak memiliki ijin edar dari pihak yang berwenang, disejumlah kecamatan.

“Operasi Pekat Mahakam 2019 ini digelar untuk cipta kondisi menjelang Pemilu dan Pilpres, selain polres, Polsek dan jajarannya juga menggelar aksi serupa, dan hasilnya sejak dilaksanakan awal April, berhasil disita ratusan 256 botol miras berbagai merek, 125 liter miras tradisional (Tuak),”ungkap Kabag Ops.

Dalam operasi pekat ini sedikitnya 16 orang terjaring, dari 16 orang itu, satu orang diproses hukum karena kedapatan membawa sajam, sedang 15 orang lainnya dilakukan pembinaan.

 “Seorang pria yang membawa sajam diamankan di Pasar Penampungan senaken belum lama ini, dan belakangan diketahui bernama Erwin (46), warga Km 1 Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU yang dan yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum,”ujar Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra melalui Kabagops Kompol Bergas Hartoko, Senin (8/4).

Saat ditanya, lanjut Kompol Bergas, Erwin mengakui bahwa sajam tersebut miliknya. Dan dia membawa sajam untuk jaga diri. Akibat perbuatannya Erwin dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang senjata tajam, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

By Susianto