647 Pengendara Di Tilang Selama Sepekan Gelaran Ops Patuh Mahakam 2018 Di Paser

TANA PASER, pwipaser.com –  kedisiplinan warga dalam berkendara di Kabupaten Paser, boleh dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikannya masih ada pengendara yang memerintah, Dalam sepekan Operasi Patuh Mahakam 2018 Satlantas Polres Paser mencatat sebanyak 647 pelanggar lalulintas yang menjerat Operasi premi tilang dan 207 pelanggar muat teguran.

Menurut Kasat Lantas Polres Paser AKP Syarifah Nurhuda, kebanyakan pelanggaran terbanyak dilakukan warga karena tidak menggunakan helm dan melawan arus.

“Selain tidak menggunakan helm dan melawan arus, ada juga pengendara yang tidak berlaku di siang hari. Kami mencatat ada 647 pelanggaran yang dikenakan sanksi tilang. Dari jumlah itu, mental pengendara sepeda motor, ”beber Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra didampingiKasat Lantas Polres Paser AKP Syarifah Nurhuda, kemarin.

Dia menerangkan, Operasi Patuh Mahakam tahun ini sengaja mengangkat tema Polri yang Siap untuk Memperkuat dan Kepatuhan Masyarakat di Bidang Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas dalam Rangka Melaksanakan Kebijakan Promoter Kapolri. Operasi yang digelar hingga 22 Mei 2017 mendatang.

Sumber Kasat Lantas, pihaknya menghimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tertib berlalulintas, Sebab, dengan tertib berlalulintas, maka akan memberikan manfaat dan tangguh, tidak hanya bagi pengendara itu sendiri tetapi juga orang lain. Selain itu, dapat menyebabkan angka kecelakaan lalulintas.

“Gelaran Ops Patuh masih sepekan lagi. Setelah itu kita akan melakukan bulan ramadhan dan menjelang lebaran nanti kepolisian akan dilaksanakan ops ketupat. Pada masa-masa itu giat akan masyarakat lalu lintas akan padat juga kan. Masyarakat akan banyak yang dijalan. jangan tertibnya hanya jika ada razia polisi. Tapi, timbul kesadaran atas kemauan pengendara sendiri. Karena aturan lalulintas itu dibuat hanya untuk memberikan kenyamanan dan pengendara di jalan, ”pesan Kasatlantas.

Menurut Kasatlantas, ops patuh ini menjadi semacam latihan. Jika masy bisa patuh, tertib, tidak melakukan misi tentu lalu lintas akan lancar, tidak ada kemacetan (krn macet itu kan biasanya krn user jalan tidak sabar, tidak tertib, tidak mau antri selain faktor jalan juga) dan lalu lintas. Akhirnya Masyarakat akan mencari aman juga.

Seperti Baca Operasi Patuh Mahakam 2018 yang dilaksanakan mulai 26 April hingga 9 Mei 2018 mendatang menyasar pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, pengendara roda yang tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk untuk pengendara roda empat atau lebih, pengendara yang mencintai arus, anak-anak di dalam usia dan belum mampu melayani mengendarai motor, berkendara melewati batas kecepatan yang diijinkan, serta pengemudi dalam keadaan mabuk saat berkendara. (PWI 01)